Kursus guzheng

MENGENAL “GUZHENG”

Kursus Guzheng

Guzheng (Hanzi : 古筝)disebut juga Chinese Zither atau kecapi adalah salah satu dari alat musik tradisional petik yang berasal dari Tiongkok. Guzheng berasal dari kata “gu” (Hanzi : 古) yang mempunyai arti kuno, dan kata “zheng” (Hanzi : 筝) yang berasal dari suara senarnya yang ketika dipetik secara berurutan hampir menyerupai suara “zheng”.

Berdasarkan catatan sejarah, guzheng diperkirakan berusia sekitar 2500 tahun lebih sejak kemunculannya pertama kali pada masa negara-negara berperang (Warring States Period) sekitar 475-221 SM. Pada awalnya Guzheng dibuat dari sebuah bambu yang diberi lima buah senar, tapi kemudian dalam perkembangannya bentuknya berubah dan senarnya bertambah. Saat ini, guzheng terbuat dari kayu dan pada umumnya memiliki senar sebanyak 21 buah.

Di Tiongkok, Guzheng sangat digemari karena alunan suara yang dihasilkan dari petikan senarnya sangat merdu dan indah. Peranannya sebagai alat musik tradisional telah memberikan warna terhadap kebudayaan masyarakat Tiongkok sejak lama. Penggunaan Guzheng sebagai alat musik menyebar ke berbagai daerah seperti Henan, Shandong, Zhejiang, Guangdong, Fujian, Neimenggu, dll dan kemudian melahirkan berbagai aliran.

Mengapa belajar Guzheng? Dengan mempelajari Guzheng, seseorang dapat merangsang potensi artistik serta dapat meningkatkan kecerdasan dan ketrampilan karena keragaman tehnik yang dimiliki, dan juga dapat meningkatkan keanggunan sebagai cerminan ekspresi bermusik yang baik.

KURSUS GUZHENG

Kami menyediakan kelas Guzheng untuk anak-anak maupun dewasa, terbagi dalam kelas privat (satu orang) atau semi privat (maksimal dua orang). Pengajar berpengalaman, pernah belajar dari guru-guru profesional dari Tiongkok, pernah bergabung serta bekerja sama untuk mengadakan konser alat musik tradisonal Tiongkok, dan pernah memenangkan kejuaraan internasional.

Kurikulum kelas Guzheng dibagi menjadi 10 level. Adapun materi yang diberikan mencakup pengenalan terhadap struktur alat musik, materi dasar musik, tehnik memetik, ekspresi, dll. Materi lagu yang dipelajari juga beragam, tidak hanya lagu-lagu yang berasal dari Tiongkok tapi juga dikombinasikan dengan lagu-lagu nasional Indonesia, serta lagu-lagu yang sedang menjadi trend musik saat ini.